irreplaceable analogue

Yak, postingan ini adalah yang ketiga setelah postingan soal Seth Godin yang nulis tiap hari. Waktu ada, stok foto baru juga ada. So, bring it on.
Buat yang belum tahu, saya ini punya hobi fotografi dan tools pertama saya ketika terjun ke dunia fotografi itu menggunakan kamera analog yang dalemnya masih pake roll film. Anak millenial ke atas pasti harus mikir dulu “apa itu roll film?”.

Setelah bertahun-tahun ga lepas dari hobi ini, meskipun udah punya Digital SLR, tapi saya ga pernah benar-benar meninggalkan kamera analog ini. There’s something special about it. the result is irreplaceable. dan kali ini mau ngasih lihat dua foto pertama.

Jadi, semacam kebiasaan,satu atau dua jepretan pertama pasti ‘dibuang’ untuk foto selfie aja karena satu-dua foto pertama itu biasanya kebakar setengah (lihat foto pertama).

Menulis itu susah ya, apalagi kalo pas lagi nulis itu didepannya ada TV nyala dengan suara cukup keras lalu disampingku ada istri yang lagi ngajak ngobrol, jadi ga fokus. Haha.. Padahal tadinya mau curhat soal kerjaan, tapi mungkin disimpan buat besok lagi aja kali ya.

Oh iya, menurutmu, sebetulnya enakan mana sih, foto dulu lalu dibawahnya tulisannya atau sebaliknya, nulis dulu seperti ini trus dibawahnya baru ditambahin foto.
Kalo saya, kenapa nulis dulu itu karena takutnya setelah foto dilihat trus di skip aja dan ga mau baca lagi, padahal bisa aja kan ada giveaway terselubung.

Kutunggu jawabannya di kolom komentar ya, selain itu, komentar adalah alat untuk ninggalin jejak, yang mana pasti kukepoin blognya.

Kamera: Canon FTb QL
Lensa: Canon FD 50mm F2
Film: Kodak Colorplus 200

9 thoughts on “irreplaceable analogue”

  1. Fotonya kebakar tapi kesannya bagus, yah 😍 meski saya nggak pakai kamera analog, tapi saya menikmati foto-foto yang ditawarkan hehehehe ~ by the way, persoalan foto dulu atau tulisan dulu sebetulnya mengikuti preferensi Ady saja. Saya kadang taruh foto dulu baru tulisan, namun nggak jarang juga taruh tulisan setelah itu baru foto belakangan 😂

    Ps: ditunggu curhat pekerjaannya 😁✌

    1. hey halooo Eno, aduh sebagai sundanese nih, saya selalu ga enak apakah eno ini seumuran, diatas saya atau dibawah, kalo diatas saya kan panggilannya ga boleh nama aja, maklum, ketimuran.

      iyah soal foto dan caption, akupun kadang foto dulu trus tulisan, tp kupikir mending nulis dl biar dibaca dl sama orang trus liat gambarnya. tapi.. ahaha…. intinya, atur-atur aja ya.

      mau nih curhat kerjaan tapi takut si bos online juga, soalnya tau blog ini, hahaha… mikir juga sih, agak nyesel ngasih tau alamt blog, hahahaha…

    1. berarti udah terbiasa jg dengan UXnya instagram yah… iya sih emang enak jg kyk gitu, tp kalo udah liat foto, suka skip baca ga sih?apalagi kan rata-rata udah pada males baca kan?

      1. Sepertinya iya, tapi kalau aku tergantungg platformnya sih, kalau di instagram cenderung malas baca caption terlalu panjang. Beda lagi kalau platform blogging, ada gambarnya sebagai header malah bikin tertarik baca.

      2. iya sih ya, beda platform beda mood, beda user experience-nya.
        kalo blog mungkin karena sudah expect akan tulisan yg ga pendek, jadi penasaran akan ‘cerita’nya kali ya…

  2. Aku baru tau loh mas, kalo kamera analog itu msh ada hahahahahha. Aku kira sudah punah :p. Dulu inget bangetttt pernah dibeliin papa kamera analog pas SMP. Trus dipake deh buat acara pensi , seneng banget pas liat hasilnya banyak yg jadi hihihi… Soalnya pernah juga kebakaran semua :p.

    Tapi sbnrnya kenapa foto2 awal seringnya terbakar yaa?

    Aku sendiri terbiasa nulis dulu baru pasang foto sih. Istilahnya pembukaan dulu, mau nulis apa nih HR iniii :p. Baru kemudian dilengkapi Ama foto2nya ;).

    1. Masih ada dan masih kuat komunitas pecintanya kok,

      1-2foto pertama akan kebakar karena kan pas filmnya dimasukin, itu sebetulnya udah kepengaruh si roll filmnya, dan yg kena ya yg ujung awal dari roll filmnya, which is 1 jepretan pertama. hehe

      Nah berarti kak fanny ini model twitter, haha.. nulis dulu, dibawahnya baru gambar atau videonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s