Quality time with mamah

Panen Sukun dan minum kelapa muda adalah dua hal yang kulakukan bersama mamah di hari selasa kemarin. Meskipun aku tahu kalo aktifitas tersebut membuat mamahku cape, tapi wajah cerah ceria selalu tertampak setiap selesai menghabiskan waktu denganku diluar, ga hanya di rumah saja.

Saat ini aku berada di usia dimana kebahagiaan orangtua menjadi prioritas dan bukan hanya tentangku saja. Senyumnya, energinya, nasehatnya menjadi begitu berharga untukku.

Waktu membuatku menyesali apa yang sudah berlalu, tapi waktu juga yang memberiku harapan dan kesempatan untuk terus memberikan yang terbaik. Selagi bisa.


Anyway, tentang foto di bawah:

  • Yang petik sukun itu aku sendiri pake tongkat yang maha panjang dengan berujung pisau tajam.
  • Tapi manjat pohon kelapa mah dibantu warga sekitar karena jujur aja aku ga bisa manjat pohon kelapa. Kita minum airnya dan makan dagingnya di tempat karena cuacanya lagi panas, pas banget diademin pake kelapa muda.
  • Trus kenapa 3 foto terakhir adalah foto daun? itu adalah lalapan ramidang atau dikenal dengan nama Kenikir yang kupetik sendiri di sekitar kolam ikannya bapak.
  • Aku mesti metik itu lalapan karena hari itu mamah cuma masak ayam goreng dan pete goreng, sayurannya ga ada. Sedangkan aku ga bisa makan kalo ga ada sayur, aku mesti dapet asupan serat yang cukup.

By the way, besok paginya aku nemenin mamah ke pasar karena aku juga pengin nyari jajanan pasar buat sarapan. Ada momen pas mamah nanya “Adi, ga bawa kamera?”

Itu adalah satu momen yang mengingatkanku bahwa orangtuaku pun sudah tahu kalo hobiku adalah memotret dan mendokumentasikan apapun termasuk foto-foto di pasar. But why (at that moment) i feel that i owe something to my parents.

19 thoughts on “Quality time with mamah”

  1. ini pertanyaan saya sejak dulu deh: kayaknya gak pernah nemu gorengan sukun di bandung. suami saya sampe misuh-misuh soalnya di jakarta aja banyak, ceunah. saya jadi mikir, iya ya. gorengan ubi sih ada, tapi sukun kayaknya jarang diperjualbelikan. ato kang ady pernah liat?

    1. Hmm.. setelah difikir-fikir dan nanya ke panda jg, iya jg ya… kyknya jarang banget ya nemu tukang goreng sukun.

      Dulu sih pernah nemu, tp udah lamaa..
      Anyway soal sukun, aku baru tahu lho kalo sukin yg mateng itu,,yg udh lembek kyk udah buruk tp harum, itu enak lho kalo digoreng, ada manis-manisnya mirip nangka atau pisang.

      Di kebon ortu sebetulnya banyak sukunnya tp hararese ngalanaaa, hahaha

      Dr rencana 10 buah aja, cuma nyerah di 3 buah aja krn cape pegel.

      1. malah di sini sukun kayaknya jadi komoditas sambil lewat aja. jarang liat yang jual juga hahah. saya juga nyobain sukun biasanya karena dikirimin tetangga. ato saya aja yang gak nyadar yaahhh…

        nah, jadinya belum pernah juga nyobain sukun yang kematengan. karena saya gak suka nangka, bisa jadi saya skip, tapi suami keknya bakal doyan banget hahahaa.

      2. tapi sukun tuh cepet mengenyangkan, aku kemarin goreng yg udah mateng, ga abis. enek kalo ngegoreng yg mateng kebanyakan. haha…

  2. Klo di solo jogja masih banyak ditemui om..cuman ya ga selalu ada..
    Btw saya juga klo pulkam kerjaannya lebih sering dirumah aja..menikmati masakan mami sambil ngobrol sana sini..pokoknya ga inget usia klo dah sm orgtua..bawaannya msh bocah..🀭

    1. Kata mamahku jg, pohon sukun emang jarang ada di daerah garut, bibitnya aja dl dapet dari orang jawa katanya. Ga tau jawanya jawa tengah atau timur, hehe.

      Iya ya, setua-tuanya kita kalo udah sama ortu, ya ttp kayak anak aja gitu…

      Yah jd kangen lg ke rumah, pdhl baru kemarin pulang, huhuhuuu

      1. semoga bisa cepet pulang yaaaaa… bertegur sapa, bersilaturahmi dan temu kangen sama keluarganya di rumah, aamiin

  3. Aku pikir yang terakhir itu Pohon Tomat Mas Ady.. 🀣 wkwkw daunnya mirip geh.
    Wihh asyik banget. Makan air kepala langsung dari pohonnya. Langsung bikin mikir kayanya udah lama banget nggak minum air kepala, terakhir kayanya pas Bulan Puasa.. besokk belii ahhh.. wkwkw

    Btw, buah sukun tuh buah apa Mas Ady. Pernah dnger.. lihat internet bentuknya kaya Nangka ya cuma agak bulat.. hehe rasanya gimana Mas Ady?? Mereka nggk bisa dimakan mentah gtu ya??

    1. haha… iya sih ya, emang agak mirip daunnya tomat. tapi itu kenikir, ada bunganya juga, bisa jg buat hiasan di pekarangan rumah. Enak juga jadi lalapan, wangi!

      Beuh, mantep mas…seger dan beruntung banget metiknya pas manis-manisnya. Jadi mau lagi aku juga haha…

      Sukun itu bahasa inggrisnya breadfruit dan memang kalo digoreng atau dikukus tuh teksturnya mengingatkan sama roti tawar tapi lebih padet.

      Sukun harus dimasak dulu agar bisa dimakan, entah itu digoreng atau dikukus. (personally lebih enak digoreng), ada juga yang dibikin keripik, motongnya tipis-tipis aja. Trus kalo digoreng pas mateng-matengnya (buahnya jadi lembek empuk gitu) jadi ada manis-manis mirip nangka atau pisang, enak deh pokoke.

      Seriusan belum pernah tahu sukun? atau mungkin namanya beda?

      1. Sukun ya.. pernah denger sih, tapi selama aku hidup di bumi ini belum pernah ngeliat atau makan sukun .. wkwkwk πŸ˜†
        Teksturnya kaya Talas brrti ya..

  4. Sukun dan Talas memangnya berbeda, ya? Saya pikir selama ini sama, cuma beda penyebutan di setiap kota, tau sendiri nama-nama makanan di setiap kota bisa beda meski bentuk sama πŸ˜‚

    By the way, Ady memang upload double di WP dan blogspot, kah? 😍

    1. Beda kak pohonnya jg, kalo talas kan kayak umbi gitu ya, kalo sukun tuh ya kyk buah, menggantung di pohon. Tp secara rasa agak mirip meskipun beda jg sih haha..

      Oh iya kak, jadi gini… aku lagi menimbang dan meresapi enakan mana nih kalo nulis blog, jd suka double post aja akhir-akhir ini tp tulisannya beda.
      Kayak blog post yg ini, tadinya mau di blogspot aja, eh tapinya gatel pgn ngepost di wp jg krn fitur foto gallery nya lebih cakep, huhuhuu…

      So far msh cenderung ke wp, maafkan kalo bingungin yaaak 😁

  5. Lihat mama Kakak minum kelapa langsung dari buahnya kok kayaknya seger banget!! Hari ini di Bekasi gerah banget Kak, nggak ada angin padahal langitnya gloomy πŸ˜‚ jadi ngiler lihat foto mama Kakak hahahaha.
    Kalau yang lain pada bingung sama Sukun, aku malah bingung sama lalapannya. Ini namanya asing banget di telingaku dan penampakannya baru pertama lihat juga. Rasanya sendiri gimana Kak kalau dilalap?
    Kalau Sukun, aku pernah lihat dan coba makan yang digoreng kalau nggak salah. Itu makannya kayak dicocol ke..gula merah..kayaknya.. lupa soalnya udah lama banget 🀣

    1. Bukan seger aja liii, manis juga…
      Btw, kalo pas hujan di bekasi msh kerasa panas atau jd ademan?

      Iyah, aku jg tau soal daun itu bisa dimakan jd lalap pun ga lama ini, rasanya ya kayak daun, ada kesat kesatnya dan aroma khas kenikir. Cocol sambel sih selalu pas, liii..
      kenikir jg ada bunganya dan cakep, biasa jd tanaman di pekarangan rumah jg kok kalo disini mah.

      Anyway, aku malah blm pernah makan sukun cocol gula merah, tp kyknya masuk sih soalnya sukun kan rasanya agak netral jg ya, bs jd asin, bs jd manis.

      Kalo inget Lia, jd pgn kopi soe, kenapa ya? Haha

      1. Ih asik banget!! 🀀 Mana langsung dipetik dari pohonnya pulaa, menambah kesegeran πŸ₯Ί. Jadi pengin minum es kelapa huahahaha.
        Tergantung Kak~ kalau hujannya seharian, pasti jadi adem *of course lah #plakk*. Kalau hujannya kayak rintik-rintik doang dan nggak berangin sih, tetep gerah ya πŸ˜‚πŸ˜‚. Cuma di sini kalau siang itu, terikk banget, mirip di pantai #lebay

        Bunganya biasa dimakan juga nggak Kak? Soalnya ada kan lalapan yang bunganya bisa dimakan juga kalau masih belum terlalu mekar hahaha. Aku jadi kepo juga gimana rasanya soalnya baru pertama lihat dan dengar 🀣

        Kak Ady lebih suka sukun direbus atau digoreng?

        Hmhm mungkin karena aku brand ambasador Kopi Soe? Huahahaha #ngarep.

      2. bunganya ga dimakan, dan ga tahu juga apakah bisa dimakan atau engga, belum pernah lihat yg makan bunganya juga soalnya.

        Kalo dari segi rasa, kayaknya lebih suka yang digoreng, apalagi ngegoreng yg sukun mateng, rasanya jadi kayak nangka atau pisang goreng.

        Ah mau ngopi dulu ah, gpp bikin sendiri aja deh di rumah, lumayan daripada dibayangin doang.
        hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s