Designing Life

Photo by Mikhail Nilov on Pexels.com

Hi, blog… apa kabar? udah berapa lama ya ga nulis disini? hehe. Maaf ya, selama ini aku lagi struggling dengan caraku mengatur waktu baik di tempat kerja maupun di luar kerjaan. Jadinya, rasanya ga ada banget waktu buat nulis di blog bahkan untuk foto-fotopun kayaknya jadi lebih jarang, padahal bisa jadi waktunya mah ada, cuma karena ga teratur, jadinya kayak yang sibuk dan penuh.

So, karena itulah, akhir-akhir ini aku mulai sering nonton video-video youtube yang temanya tentang manajemen waktu dan hidup yang lebih terorganisir. Kalo soal ngulik dan ‘nyari tahu’ biasanya aku paling semangat, tapi giliran mempraktekannya, biasanya patah disitu, bingung sendiri sampe akhirnya ga jadi dipraktekkan.

Tapi sekarang aku ingin berubah, aku ga ingin membuang-buang waktu lagi. Aku ingin sekali belajar untuk mendesain hidup, bukan untuk hari ini saja, tapi juga menetapkan tujuan yang jelas agar hidup lebih terarah menuju tujuan tersebut.

Aku juga sekarang mulai menyadari betapa berharganya waktu karena waktu adalah sesuatu yang kita gunakan hanya sekali dan ga bisa digunakan kembali. Apa yang terlewat semenit yang lalu, udah… lewat dan hangus begitu aja. Jadi, akan sangat disayangkan kalo waktu yang ‘sekali pakai’ itu ternyata kita gunakan hanya untuk melakukan sesuatu yang ga ada tujuan yang jelas.

Itulah ide dan keinginannya, tapi prakteknya… semoga aku bisa membiasakan diri dengan kebiasaan yang menurutku baik dan semoga dengan manajemen waktu yang lebih teratur, ada waktu luang dan khusus untuk blogging dan blogwalking. hehe.

Photo by Ken Tomita on Pexels.com

What do you think? punya masukan tentang manajemen waktu atau channel youtube yang niche nya menyoal manajemen waktu dan produktifitas.

12 thoughts on “Designing Life”

  1. Halo Mas Ady.. Apa kabar? 😁
    Btw tulisannya relate banget.. kadang waktu tuh berasa bergerak cepat banget nggak si? padahal banyak hal yg harus dilakukan. Malah sampe smpet ngebayangin, Kepengen punya ability buat bagi diri kaya Amoeba. Biar bisa gercep ini itu. Haha.

    Tapi yaudah. Satu2 aja. Kesehatan yg terpenting. Kalau capek LEREN dulu kata orang Jawa mah.

    Hmm berhubung aku punya struggle yg sama kaya Mas Ady. Yg aku lakukan saat ini. berhenti di angka 9.
    Maksudnya jam 9 malam semua harus berhenti. Aku harus udah mulai persiapan diri buat tidur. Haha 😁. Akhir2 ini semenjak jam kerja baru 11 jam perhari. Tidurku jadi lebih berantakan.

    Jadi, skrang pengen komitmen buat manajemen waktu sebaik mngkin.

    Saat shift kerja Pagi. Bangun jam 5 pagi, kemudian persiapan tidur mulai jam 8 malam. Jam 9 pokoknya harus udah berbaring di atas kasur.
    Saat shift malam. Jam 9 pagi harus sudah persiapan tidur, smpe jam 2 siang..

    Kalau lagi off. Saatnya melakukan rutinitas lain seperti menggambar, belajar masak, ngeblog.. hehe tapi urusan tidur tetap. No begadang2 club kalau tiada artinya.. haha

    1. Wah, inspiring nih… yes, kalo cape ya liren dl. Dan istirahat jam 9 ini menarik nih tp krn kebiasaan tidur jam 11an, jam 9 tuh blm ngantuk sama sekali, bahkan bs jd baru nyampe rumah.
      Tapi kalo tidur jam 9, bisa bangun lbh pagi, dan bs ngelakuin banyak hal di waktu subuh… kerasa sih kalo nulis ato baca-baca di pagi itu rasanya enak, mudah fokus, itu kalo seger, kalo ngantuk, heumm…
      Kerjanya dua shift mas bayu? Trus knp jd 11 jam kerjanya? Selebihnya masuk lembur kah?

      Asik ya waktu offnya bs ngelakuin yg disuka to ttp no begadang, mantaapp…

      Makasih masukannya mas Bayu. Jd kepikiran biasain tidur jam 9

      1. Iyah cuma ada 2 shift. Jadi dluar shift itu jadwalnya maintenance.
        Masuk lembur. Cuma kesannya kaya wajib gitu πŸ₯². Semisal kita bilang nggak bisa, alasannya kudu kuat. Kalau nggak kuat, pasti di bargain sama si Bos.

        Iya, asli Mas Ady. Begadang di aku cuma pas kerja shift malam aja. Selebihnya. Tetap stop di jam 9.

  2. Halo Kak Ady! Long time no see!~
    Tulisannya juga relate ke aku yang masih kesulitan buat managemen waktu yang baik πŸ˜‚. Kalau dari beberapa video yang aku tonton, rata-rata menganjurkan untuk bikin to-do-list dan tentuin 1 hal utama yang ingin dikerjakan hari itu, jadi kita bisa lebih fokus.
    Rekomendasi Youtube channel yang bahas seputar managemen waktu, coba ke channel Ali Abdaal dan tonton videonya yang How I Manage My Time. Semoga membantu 😁

    1. Hola peri keciiiil…
      Wah, youtube jg ngasih rekomen pertama pas keyword time management itu ke ali abdaal, kemarin udh subscribe, abisnya bergizi semua videonya, ngomongnya jg cpt. Aku jd pgn kyk doi, bikin konten sevaluable seperti itu.

      Again, terima kasih Liaaa udah komen, senang sekali bersahutan lagi sama kamuuuhhh

    1. WTD tuh what to do ya kepanjangannya?
      Trus list tsb ditulis tangan di jurnal ato note di hape?
      Trus pernah missed gak itu WTDlist nya? Biasanya kalo ga terpenuhi di hari itu, diundurcdi besoknya?

      1. Iya What-To-Do. Kalau saya di jurnal krn jauh lebih bisa ingat ketimbang di hape. Missed pernah. Tinggal di pindah ke besok atau waktu yg ditentukan.

  3. hai hai mas Ady
    beberapa hari ga kunjung kesini, ehh udah kelewatan beberapa tulisan baru
    aku setuju kalau waktu itu penting, kadang saat aku males, aku balik lagi kalau waktu sangat berharga, kebanyakan scrolling sosmed ga penting bener bener menyita kerjaan aku, udah berkali kali kejadian, dan janji ke diri sendiri jangan terlalu keasikan sosmed ga penting, kalau kerjaan belum selesai

    channel yutub ga terlalu apdet aku, palingan kemarin kemarin belajar soal focus to do list aja, penerapan dari beberapa buku atau cerita temen temen di blog yang coba aku terapin, seperti pola podomoro gitu

    1. Nah kan bener… sosial media emang paling bikin lupa waktu. Akupun sering keasyikan dan lupa waktu,
      Pola podomoro ya? Aku blm baca tuh…

  4. Hi mas Ady, hehe udah lama nggak kesini.

    Aku juga buat to do list tapi banyak miss nya wkwk. Kita sama mas, pas ngulik sesuatu bukan main semangatnya, pas praktek jadi meletoy wkwk.

    Well, sehar-sehat mas Ady, semoga hari demi hari diberi hati yang lapang menjalani situasi yang nggak tahu kapan kelarnya.

  5. iya mas management waktu sekarang ini penting’
    apalagi juga sekalian manajemen kesehatan
    sayang banget kalau waktu terbuang begitu saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s