A thing that makes me happy

2012, roll ke-10. Itulah yang tercatat tentang foto di atas. Sembilan tahun berselang, banyak perubahan yang terjadi padaku, pada caraku memotret, caraku melihat sesuatu. Yang tadinya kusuka, sekarang menyukai hal lain, yang tadinya tidak kusuka, sekarang mulai kupahami dan kusukai. Semuanya tergantung apa yang aku baca, apa yang kulihat, apa yang aku tonton, dan apa yang kudengar.

Tapi sejak pertama, ada satu hal yang ternyata tidak pernah berubah dan selalu membuatku tersenyum ketika melihatnya. Semburat jingga sore, the golden lights.

Buat yang belum ngeuh, sebenarnya foto di atas bukanlah foto sebuah gazebo yang ada di dalam area taman Balai Kota Bandung di sore-sore yang hampir gelap. Niatku adalah memotret cahaya sore yang selalu berhasil membuatku berdecak kagum, membuatku tersenyum tanpa alasan jelas.

Tapi tentu saja fotonya ga benar-benar berhasil menggambarkan apa yang kulihat. karena yang kulihat jauh lebih bagus daripada yang kupotret, hehe..

Tapi ketika melihat foto ini, aku jadi teringat kalo dulu aku sering menghabiskan roll film untuk memotret hal-hal random yang menurut mataku hari ini lebih kayak “duh, sayang yaa.. kenapa ga foto ini atau itu”.

Dulu aku memotret untuk diriku sendiri, kalo menurut mataku bagus, ya aku potret, and that’s enough. Ga perlu penilaian dari orang lain. Photography is so much easier to me back then. Haha

Sore itu emang indah banget sih, matahari bersinar tanpa halangan awan sedikitpun sampai benar-benar tenggelam dibalik garis horison. Di saat-saat seperti itu, aku selalu merasa berhutang pada diriku sendiri untuk berada di luar rumah, menikmati hingga tenggelamnya.

Begitupun halnya dengan si terbit, tapi karena untuk menikmati si terbit ini harus sudah terbangun sebelum terbitnya dan juga dengan waktu yang lebih sebentar, jadinya rasio menikmati sunset itu lebih sering daripada menikmati sunrise.

Tapi percayalah, sunrise ini terasa lebih ajaib daripada sunset. Seperti menyaksikan kelahiran kehidupan baru, harapan baru. kesempatan kedua.


Dan ya, gitu aja sih tulisan kali ini. Btw, kenapa ya akhir-akhir ini tulisanku kayak ga ada faedahnya gitu, hahaha… Kalo ga salah, dulu mah kalo nulis tuh suka ada closing statement yang bagus untuk disampaikan.

Coba, sekarang aku tanya… apa yang bisa kamu ambil dari postingan ini? kira-kira mesej apa yang bisa kamu simpulkan dari tulisanku ini?

May every sunrise bring you hope,
may every sunset bring you peace.

7 thoughts on “A thing that makes me happy”

  1. mesejnya adalah “ini lho bagusnya warna jingga mentari, kalau ciptaan Tuhan itu emang sekeren itu”
    tindakan mas Ady sama kayak aku, nge-foto random, pernah pulang kantor jam tapi senjanya masih terang banget dan bagus, niat minggirin motor dipinggir sawah cuman mau motret. karena emangg baguss dan aku suka kalo liat sunset atau sunrise yang cakepppp

    1. betuul banget banget, ciptaan Tuhan itu emang ga mungkin salah, selalu indah dan menenangkan.

      hahaha… iya, aku juga sering kayak gitu, kalo pas pulang trus senjanya sebagus itu, pasti berhentiin dulu buat difoto, ya itung-itung hadiah yg kuambil dari sore yang cerah. sayang kalo dibiarin aja.. ya kalopun ga difoo, seengganya dinikmati dgn mata kepala sendiri 🙂

  2. Dari pertama lihat foto di atas itu, aku langsung bisa menangkap apa “objek” sesungguhnya yang kak Ady maksud. Karena akupun selalu senang dengan foto-foto bernuansa alam seperti itu, apalagi sunset. Meski nggak bisa lihat sunrise setiap hari karena keburu ngantuk lagi😂, setidaknya perasaan “damai” bisa diwakilkan sama si sunset ini. Mungkin karena dalam kondisi seperti itu tubuh dan pikiran kita sudah lelah dengan kegiatan selama satu hari, jadi membawa ketenangan sendiri kalau bisa nyaksiin golden hours kayak gini😍

    Hmm.. tapi buatku quotes tentang sunrise dan sunset di akhir itu udah cukup jadi penutup yg bagus kok, kak Ady. Pas mewakili sudut pandangku sebagai pembaca, karena akupun susah untuk mengungkapkannya dengan kata-kata😂

    1. Awl… apa kabar kamuuu?
      gimana di tempat barunya? eh aku blm blogwalking ke kamu dan temen-temen lainnya, aslinya berasa lama banget ga blogwalking.

      wah, apakah sejelas itu aku menyiratkannya? ataukah karena kita kembar? ehehe…

      anyway, thank you for visiting again, kindda miss your comments and your blog post ofc.

      1. kabar baiiiik kak Ady, Alhamdulillah. so far sih biasa biasa ajaa, udaranya malah lebih sejuk pas di bandung, disini berasa kyk tinggal di bekasi😂 mau hujan atau cerah, sama2 panas, wkwk. kak Ady apa kabaar?

        wakakak sepertinya karena kita kembar, kak Ady🤣 tapi ilmu fotografinya semua turun ke kak Ady, karena aku lahirnya ketinggalan sih🤣 wkwkwk. sejujurnya aku sering ngikutin postingan baru kak Ady lho, dan teman-teman blogger wordpress lainnya seperti mbak Ghina, karena notifnya pasti muncul lewat email, dan aku bisa langsung baca dari sana. tapi mungkin karena itu jadi lupa terus mau komen apa karena nggak bisa komen langsung disana😂 anyway, sehat selalu yaa kak Ady~

  3. Ady, foto pohon backgroundnya langit itu bagus banget! Langitnya teduh, bikin seger lihatnya padahal ini pagi-pagi, bukan sore. Btw aku dulu suka juga pakai analog kayak lomo dan toycam. Kalau lihat hasilnya sekarang, aku gak pernah nyesel. Malah iya sama kayak kamu, dulu itu happy banget jepret sana sini. Bebas. Sekarang semoga bisa sama bebasnya cuman lebih rapih dan lebih terkonsep aja wkwk.

    Habis baca tulisan ini, aku jadi ingat lama banget gak nongkrong di taman atas pagi-pagi. Dulu pas kena covid, hampir tiap pagi ke atas sama kucing-kucing, duduk santai, nungguin dari langit abu-abu sampai keluar semburat emas. Entah kenapa mager bener sekarang. Padahal ya gak sibuk sibuk amat juga pas pagi wkwk. Nanti sore nongkrong lah di atas.

    1. di tempat mbak justin di atasnya ada taman gitu? pemandangannya pasti bagus yaaa? bagi-bagi dong pemandangannya, hehehe….

      Ya motret mah tergantung tujuan kali ya mbak, bisa seserius untuk kerja atau ngonten, atau sesantai berhobi ria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s