local brand, hand made.

“Hola Adynura, saya ada kirim mug hihihi, dengar-dengar, Ady suka koleksi mug, jadi saya kirimkan untuk Ady, siapa tau bisa bermanfaat buat tambahan properti foto atau sekedar minum teh hangat di taman belakang” Itulah isi email yang tiba-tiba kuterima di senin sore, beberapa menit sebelum jam pulang kerja. Tanggal 1 Maret.

Tentu saja, aku kaget dan terheran-heran karena rasanya aku tidak memenangkan kompetisi apapun, dan akupun tidak pernah berharap untuk dihadiahi mug oleh siapapun. Tapi karena nyatanya ada mug yang sedang dalam pengiriman, a hand made pottery, aku… sesenang…itu!

Beberapa hari berlalu, akhirnya mug yang kutunggu-tunggu itu datang juga. Dan karena saking excitingnya, aku lupa untuk mendokumentasikan unboxingnya, tapi perlu diketahui kalo mug ini adalah buatan orang Jogja yang memiliki brand bernama “Kaloka”

Sesaat setelah aku membukanya, akupun langsung mencari tahu apapun tentangnya karena kalo “tak kenal maka tak sayang” maka untuk menyayanginya, tentu harus mengenalnya, kan?

Jadi, menurut pembuatnya, nama produk ini adalah Mixture White C44L. Hmmm… Aku tadinya berharap kalo namanya lebih seperti “butir salju” atau “abstraksi hidup” misalnya, yaaa… nama-nama khas ‘anak senja’ lah ya hahaha. Tapi ga apa-apa, yang penting aku tahu kalo namanya adalah itu.

He’s officially a part of the family. the Mugs family. Welcome, C44L!

Btw, aku ga tahu apa tujuan sesungguhnya menghadiahkan mug hand made dari crafter asal Jogja ini, tapi yang pasti, aku makin menyukai brand-brand lokal, apalagi kalo produksinya dibuat secara hand made. Karena makin kesini aku makin yakin bahwa brand-brand lokal kita itu bagus-bagus kualitasnya dan patut untuk mendapat exposure lebih.

Dan dari ini pun, akupun makin bersemangat untuk lebih melek dan semoga bisa mendekatkan diri dengan para makers atau para artisan lokal dan berharap untuk ambil bagian memberi exposure dengan foto-foto produk bahkan foto-foto proses kreatifnya.

So, thank you kak Eno (creameno.com) untuk kiriman mug cakepnya, ini adalah salah satu hadiah terbaik yang pernah kuterima dari seorang teman jauh yang bahkan kenalnya pun hanya sebatas di blog saja.

Aku selalu ga paham, kok ada orang yang sebaik kak Eno ini, dan ini bukan buatku aja, tapi buat temen-temen blogger lain pun kuyakin begitu. Aku berharap semoga kak Eno mendapat semua hal terbaik yang ada di dunia ini, lengkap dengan kesehatan dan kebahagiaan. (say aamiin bareng-bareng guys…! AAMIIIIN!!)

Kuharap suatu saat di masa depan dimanapun tempatnya, aku bisa ketemu kak Eno secara langsung dan ngopi bareng, sama Hyung kesayangannya juga. HAHAHAHA… i’m so sorry for laughing, but i bet it will be sooooo awkward, mengingat diriku yang kaku dan biasanya kikuk kalo ketemu orang untuk pertama kalinya.

Btw, menurutmu gimana dengan brand-brand lokal Indonesia ini? adakah brand lokal yang kamu sukai bahkan sudah setia mengikutinya? kalo iya, biasanya jadi mengikuti karena alasan apa?

But until then, good night dan selamat berlibur!


Nama Brand: Kaloka Pottery
Asal: Yogyakarta
Instagram: KALOKA Pottery (@kalokapottery)
Tokopedia: KalokaPotteryID

6 thoughts on “local brand, hand made.”

  1. Ady thank you sudah repot-repot mereview produknya, semoga semakin banyak yang kenal Kaloka dan tau bahwa Kaloka adalah salah satu brand pottery bagus di Indonesiaaaaa 😍 hehehe.

    Si mixture white kenapa jadi cakep amat yaaaa πŸ˜†

    1. Emang cakep kak, tapi ngelihat yg lainnnya juga cakep cakep dengan tampilannya masing-masing-masing. hahaha….
      duh, curiga harus nyiapin lemari nih buat koleksi mug, krn kok kyknya one is not enough, bwahahaha…

      yg ga bagus itu namanya, kurang gimanaa gitu…. mixture white? haduhhh

  2. Doa untuk Kak Eno, aku bantu Aminkan πŸ™πŸ» AMINNNN!
    Mugnya cakep ya, Kak Ady 😍. Jadi semakin semangat buat minum kan kalau punya mug cakep kayak gini soalnya itu yang aku rasakan, bahkan minum air putih aja rasanya aesthetic 🀭
    Ada 1 brand lokal yang aku ikutin dari awal launch sampai saat ini, produk liptint gitu dan pernah aku mention juga di blogku namanya SYCA. Aku suka cara mereka branding dan kualitas produknya juga 😁
    Selain itu, aku juga 1 brand tas namanya Hibi.id, itu aku juga suka brandingnya dan model tas-nya cakep-cakep ala Jepang gitu 🀭. Kalau Kak Ady, ada brand lokal yang Kakak suka?

    1. syca dan hibi.id, noted! bagus secara branding tuh kyk gmn Lia, hmm.. kasih contoh dari sosmednya deh, kyk gmn emang konten-kontennya? knp lia bisa bilang bagus?

      Kalo aku, jujur aja dari dulu ga pernah lihat brand, kalo bagus dan kusuka tampilan barangnya, aku beli, tapi kesini-kesini setelah melek tentang brand, jadi mulai merhatiin, jadi so far blm setia sama satu brand, masih melihat-lihat dan bagus-baguuuss.. bingung hahaha

  3. mugnya bagus, ngefotonya juga apik. paduan skill dan properti yang mendung gini, kayanya cuma minum air putih juga bakal bagus kok πŸ˜†πŸ˜†

    anw, suka banget blognyaa. versi ig estetik tapi dalam bentuk blog nih 😁😁

    1. ahaha, aku baru nyadar lho, iya juga ya… tampilannya square kayak feed IG ya, hadeuuh, padahal aku lebih kayak blogger daripada instagrammer lho…hehehe

      but anyway, thank youuuu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s