langit

Sejak dulu, aku selalu menjadi pengagum langit dan apapun yang melayang menghiasinya. Langit itu luas dan besar, tapi selalu mampu menenangkanku, juga mengembalikanku ke tempat semula.

Kok bisa? Here’s how…

D I B A W A H

Dalam hidup, kita tidak akan lepas dengan yang namanya masalah atau ujian, dan ujian itu tidak mesti ketika kita di bawah saja, begitupun ketika kita sedang di atas, itupun termasuk ujian.

Aku ingat, ketika aku di semester akhir kuliah, tengah mengerjakan skripsi, rasanya berat sekali. Aku tidak tahu apa yang harus kulakukan (ciri-ciri mahasiswa yg kerjanya main aja) dan bagaimana menyelesaikannya. Ditambah beban harapan dari orang tua yang ingin anak bungsunya cepat diwisuda.

Ketika itu, hanya dua hal yang mampu menghibur hari-hariku yang berat sebagai mahasiswa tingkat akhir. Tidur dan menikmati langit. Tidur, tentu saja adalah cara termudah untuk ‘kabur’ dari realita. Setidaknya untuk beberapa jam saja.

Kalo menikmati langit? well, langit selalu mampu menghiburku dengan caranya sendiri. Ketika aku sedang merasa sesak dan ga tahu harus bagaimana, melihat langit di waktu terbit dan tenggelamnya matahari, dengan keluasan dan kemegahannya, selalu mampu menyadarkanku bahwa kita ini begitu kecil, dan masalah kitapun ternyata ga sebesar yang kita bayangkan, bisa saja ada orang lain yang sama-sama sedang melihat langit tapi memiliki masalah yang jauh lebih besar dariku.

What doesn’t kill you, will just make you stronger.

D I A T A S

Begitupun ketika aku sedang merasa di atas awan, menikmati duniawi, penuh kesombongan. Menatap langit sekali lagi membuatku merasa kecil, karena betapapun sombongnya aku, faktanya, langit tetap di atas, tetap jauh lebih besar dariku atau siapapun kita di permukaan bumi ini.

Tapi yang paling membuatku berdecak kagum adalah langit malam penuh bintang.

D I M A L A M N Y A

Tahukah kamu, setiap pertengahan tahun, sekitar bulan Agustus, aku selalu lebih sering untuk menatap langit malam karena biasanya langit malamnya selalu cerah tanpa awan, tanpa cahaya bulan. Hanya hitam langit malam dengan titik-titik bintang yang jumlahnya mungkin jutaan. Aku selalu menyebutnya… pertunjukan malam.

Pada akhinya, sepertinya aku memang senang dibuat merasa kecil ketika yang menyadarkanku adalah langit. And that’s why i love looking up to the sky, with or without capturing it.

Ps; why i feel so tired?!

14 thoughts on “langit”

  1. Digital atau film yang di foto ini ya? Bahkan langit pun kalau di tangan mas Ady jadi vintage πŸ˜… hehe…Khas πŸ˜€

    Sekarang susah nyari langit cetarr yang bersih buat foto2…banyak polusi atau kalau tdk mendung…πŸ˜‘

    #maafreplynggaknyambungblas

    1. pake film, teh pheb…. jadi ya pasti tone-nya berasa vintage-nya, πŸ˜€
      kalo pake digital, mungkin bisa jadi ga sevintage itu tone-nya, hehehe…

      iyah, betul… tapi biasanya pertengahan tahun langitnya suka bagus, teh… di bulan agustus gitu deh..

  2. Seperti kak Ady, kayaknya langit jadi salah satu “obat” buat aku kalau kepala berasa lagi pusing karena berbagai beban pikiran dan pekerjaan ini itu. Apalagi kalau cuaca lagi cerah dan langitnya nggak ketutupan awan, cukup tiduran sambil lihat ke jendela dan ngerasain angin masuk lewat sela-sela ventilasi aja bisa bikin badan atau pikiran rileks. Hmm apa ya, mungkin kata-kata yg tepat adalah lebih merasa content? Karena mau keadaannya sesulit dan semenyenangkan apapun, lihat ke atas langit selalu bisa bikin aku sadar bahwa aku hanya bagian terkecil dari sekian hal yang menyangga planet kitaπŸ˜… That’s why aku suka koleksi foto-foto langit atau foto-foto yang sebagian besarnya diisi sama gambar langit. Somehow bikin tenang buat mata😁

    1. Ah, btw, apakah mungkin kak Ady merasa lelah karena urusan urusan pekerjaan? atau ada pressure yang nggak dirasa soal blogging? semoga apapun itu yg membuat kak Ady lelah, bisa segera teratasi dan segala beban di pundak kak Ady bisa terangkat satu persatu ya kak, Aamiin. Mungkin secangkir teh Osulloc dan pemandangan langit sore bisa sedikit menenangkan kak Ady? Ehehe, pokoknya semangat terus dan jaga selalu kesehatan ya kak Ady! GanbatteπŸ’ͺ🏻

      1. sepertinya lagi agak lelah sama urusan pekerjaan, awl…tp semoga weekend ini bisa refresh lagi dan seninnya siap lagi beraktifitas…

        sehat selalu untuk awl jugaa…
        terima kasih awl! btw, videonya kerennn… aku udah lihat tapi belum sempet komen

    2. awl, how are you?
      sepertinya menyenangkan tuh tiduran sambil lihat langit lengkap dengan semilir angin sejuk.

      and yes, akupun merasakan hal yang sama. kita itu sungguh kecil dibandingkan alam yang maha luas ini, tapi setiap kita bisa juga membuat perbedaan yang besar, meskipun kita kecil.

      itulah manusia, kecil dan berkuasa.

  3. Menikmati langit itu bisa jadi obat terbaik waktu kita lelah ya, hihihi, saya hobi lihat langit soalnya. Kadang sengaja pergi ke bukit, atau duduk di tepi laut lepas agar pemandangan langitnya full tanpa distraksi dari bangunan sekitar πŸ˜†

    Too bad, di Bali kayaknya bisa lihat bintang hanya saat malam hari raya Nyepi saja, hueee, selain itu, jarang ada bintang, meski tetap cantik seperti langit pada umumnya 😍

    1. salah satu bucketlist tuh, ke Bali pas Nyepi, pengen tahu sesepi apa sih Bali di hari itu.

      tapi terlepas semuanya, aku pengen ke Bali kapanpun kalo bisa πŸ˜€

  4. yup, aku suka melihat kondisi langit yang biru cerah, sunset dan sunrise nya sama sama cakep
    duduk ngelamun sambil pandangi langit, berasa flashback kenangan-kenangan lalu, baik buruk atau senang
    aku jarang ambil foto langit aja, mungkin next time mau sesekali aku abadikan juga ah

    1. Begitulah kalo lagi ngelihat langit… rasanya… gitu deh, kyknya kak Ainun udah sepaham sama aku tentang langit, hehe…

      yes, sesekali kalo langitnya lagi bagus banget, fotoin aja trus jangan lupa share yaaa, hehehe…

      terima kasih kak!

      1. Hehehe toss dulu aja kalau gitu
        Baidewei tadi aku ngedraft tulisan soal poto. Tapi bukan langit yang dibahas 😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s