Documenting Crafter

foto dokumentasi

Membaca tulisannya teh Phebie (lifeessentially.net) tentang inner voice dan karena berhubungan dengan fotografi, jadinya sangat relate denganku sebagai tukang foto.

Inti tulisannya adalah tentang kalo fotografer pun ada spesialisasinya, ada yg begitu menikmati hunting di jalanan, menangkap momen apa adanya dan mendapatkan momen unik adalah kepuasan tersendiri, hasilnya pun bisa teramat bagus, tapi ketika disuruh foto prewedding atau foto produk, mungkin hasilnya akan bagus biasa aja karena fotografernya tidak begitu menikmatinya.

Pada perjalanannya, ketika banyak genre foto sudah dicoba, di titik tertentu pasti akan menemukan ‘zen’nya dimana.

Kalo aku? sepanjang yang kualami, aku selalu menikmati street hunting dan motret momen organik. Pokoknya aku selalu tertarik dengan documenting dan menangkap momen apa adanya, natural, organik.

Salah satu yang ingin sekali kulakukan adalah foto dokumentasi para pengrajin. Mimpiku untuk berkolaborasi dengan pengrajin pottery atau pengrajin kayu, mendokumentasikan proses kreatif mereka ketika sedang berkarya membuat mug atau membuat kursi sambil ngobrol menyerap ilmu dan cerita akan apa yang dilakukannya dan kenapa mereka menekuninya.

amigurumi maker

Tapi sementara yang itu masih belum terwujud, beberapa waktu yang lalu aku ada kesempatan mencoba hal serupa yaitu berkolaborasi dengan kakakku sendiri karena dia juga adalah seorang crafter. Saat itu, dia punya hobi baru yaitu merajut, bukan baju tapi boneka karakter yang jadi produk akhirnya, biasa disebut amigurumi.

Jadi akupun mencoba mendokumentasikan kegiatannya ketika sedang merajut amigurumi.

room for improvements

Namun, aku lupa merekam obrolan-obrolan tentang kenapa dia tiba-tiba jadi keranjingan bikin rajutan sampe akhirnya bisa jadi amigurumi designer seperti itu, jadi ga ada tulisan tentang hasil tanya jawabnya, heuheu…

It’s not really like what i want, masih ada hal-hal yang ingin kupotret tapi ga ada di kakakku seperti foto studio kerjanya (doi kerja di rumahnya aja seadanya) dan lain-lain. Tapi ini adalah percobaan yang sangat menyenangkan, i had fun making it.

Semoga suatu saat ada kesempatan untuk mendokumentasikan proses kreatif para crafter dan memenuhi unek-unek yang selama ini ingin kubuat dalam bentuk fotografi, mendokumentasikan.

Anyway, kalo kamu… punyakah bucketlist yang pengen banget kamu wujudkan dalam waktu dekat ini?

Oke deh, segitu aja dulu dariku untuk hari senin yang menyenangkan ini.
Thank you so much for reading it.

Best regards,
adynura

PS: maaf fotonya pake foto yang udah pernah kupost, hehe… piss

16 thoughts on “Documenting Crafter”

  1. Bucketlist yang ingin aku wujudkan dalam waktu dekat ini adalah bisa mencoba menu sambal bawang Mcd karena kata Kak Eno enakkkk 🀣 hanya saja itu menu seasonal, jadi harus menunggu seasonsnya datang sekitar bulan Mei Juni untuk bisa coba πŸ˜‚. Sayangnya tahun lalu aku kelewatan, jadi tahun ini sungguh menanti-nantikan bulan tsb karena udah penasaran banget sama rasa sambal bawangnya wkwkwk.

    Semoga soon Kak Ady bisa memfoto para pengrajin lainnya! Aku suka lihat orang membuat mangkok, gelas, dll dari tanah liat. Penasaran juga ingin coba buat πŸ˜‚

    1. kenapa sambel bawang musiman ya?kan bawang selalu ada sepanjang tahun, hahaha…

      aku ga tahu sambel bawang yg Lia maksud seperti apa tapi yg namanya sambel bawang emang selalu enak sih, duh jadi pengen sambel nih hmmm..

      aku berharap ada seorang temennya temen yg temennya adalah seorang pengrajin keramik di Bandung, jadi aku bisa maen dan mendokumentasikan kegiatannya, hehehe… kemungkinannya 1:1000 tapi tetep sebuah kemungkinan ya, hahaha..

      thank you Liaa… aku akan mengingat Mei dan mau nyoba sambelnyaa

      1. Huahahaha aku juga nggak ngerti kenapa sambal bawang musiman, Kak πŸ˜‚. Mungkin karena enak dan biar banyak yang kangen #ehgimana

        Hahahahaha tiada yang mustahil, siapa tahu nanti ketemu teman bloggers yang bisa atau punya teman yang hobi crafting 🀭. Aminnn semoga ketemu!

        Nanti bulan Mei kita bareng-bareng borong sambal bawang MCD sama Kak Eno juga 🀣

      2. hmm.. ini ide bisnis yang menarik nih, dijarangin biar exclusive dan banyak orang nungguin, tapi ga mahal kan in sambal?

      3. Nah iya bener. Ide bisnisnya Mcd nih adain seasonal, dan hampir setiap bulan selalu ada menu baru lho hahha
        Sambal bawangnya bisa dibeli sepaket dengan ayam + nasi setahuku. Kalau satuan, aku kurang tahu, Kak Ady πŸ˜‚
        Harus tanya Kak Eno nih yang udah pernah beli wkwkwk

      4. Sambal Bawang McD itu seasonal Dy, McD tiap bulan punya menu beda-beda. Kadang Jepang, kadang Korea, kadang Sambal Bawang, kadang nasi uduk, banyak banget deh menunya tapi yaitu karena season, hanya muncul bulan tertentu saja hahahahahaha πŸ˜†

        Indeed marketingnya keren sih, buat orang jadi penasaran kira-kira menu baru selanjutnya apa. Serunya tiap negara punya menu season beda. That’s why setiap abroad, saya nggak mau melewatkan McD, sebab enak-enak menu seasonnya nggak cuma sekedar ayam goreng atau burger biasa πŸ˜‚

      5. i wish i could eat McD, tapi bisa kali ya, copotin dulu tepung terigu di ayamnya trus makan deh ayamnya aja, hahaha…
        oke deh, berarti sesuatu yg terbatas itu jd bikin penasaran dan valuenya naik yaa…

  2. Ady, as usual, foto-fotonya bagus dan bercerita, jadi ingat, baru beberapa hari lalu saya PO boneka rajutan πŸ˜† By the way, boneka rajutan karya kakaknya Ady cuteeee bangettt, kayaknya lately rajutan sedang hits lagiiii ~ apa mungkin perasaan saya doang, ya? Soalnya saya PO harus tunggu sebulanan. Antri katanya ahahahahaha ~ ohya, saya sama kayak Ady, suka banget foto-foto kerajinan. Ditambah, saya kan hobi ikut class, dulu ketika liburan, suka iseng ikut kelas keramik, kelas jahit kulit buat dompet, kelas jewelry buat cincin, sampai kelas kayu iseng buat kursi πŸ˜‚

    Mungkin nanti jika Ady ada kesempatan ke Bali atau Korea bisa ikut kelas-kelasnya. Kalau di Korea, rata-rata kelasnya niat, bagus-bagus tempatnya, pasti Ady bakalan puas jeprat-jepret di sana. However perlu satu orang yang bertugas membuat barangnya while Ady foto-fotoan 😁

    Kalau ditanya bucketlist saya apa, kayaknya mau liburan (entah kapan) πŸ™ˆ WK.

    1. duh sebetulnya bosen jg ngelesnya ini mulu, tp if only i have the budget, aku pasti mau banget rajin ikut kelas-kelas kerajinan gitu, soalnya pasti berguna banget, entah itu untuk bisnis atau bebikinan buat diri sendiri.

      Aku termasuk orang yang mudah kagum sama orang-orang yg begitu mencintai apa yang dikerjakannya, tapi lebih ke sesuatu yang real seperti maker barang-barang,

      tanpa kusadari, tulisan ini memang harus jadi bucketlist yang harus kulakukan. dunno why

  3. Wah di mention loh. Makasih mas. Moga-moga manfaat deh..

    Foto kakaknya bagus. Dari semua foto mas Ady lighting yang ini saya paling suka. Selera saja, sih. Kameranya Canon bukan? #nebak-nebak. Kalau mau bikin foto kolaborasi dengan crafter berarti harus kuat berceritanya juga, ya (atau foto saja yg dipakai?).

    Anyway, kakaknya kreatif banget loh. Beneran nih nggak butuh tambahan pengunjung YT? Hehehe…

    Semoga suatu hari ketemu genre yang cocok untuk jadi spesialisasi..

    1. iya atuh pasti dimention, kan emang karena setelah baca blog postnya teh phebie, πŸ˜€

      hahaha, iya ini jg salahsatu favoritku yg keluar dari dslr canon, dan aku blm mau pindah merek, tone-nya udah terbiasa πŸ˜€

      iyah, aku pengen belajar jg storytelling-nya, teh..

      kakakku youtube-nya bkn menyoal dunia rajut soalnya, tp cuma video react aja..

      aamiiin… pengen nyoba yg dokumentasiin proses kreatifnya para crafter dl, kalo aku seneng ngerjainnya, maunya kayak gitu-gitu.

      so far sih paling nyaman ya kyk street photography sih teh, nunggu momen dan ga ngarahin, haha..

  4. Ady kita samaan, aku juga menikmati sekali hunting foto moment, yang nggak kudu berpose, yang penting natural apa adanya. Terus kalau dapet tuh rasanya nyes.. woow banget gitu loh!

    Tapi beberapa waktu terakhir ini karena keterbatasan pergerakan, you know kan keadaan lagi nggak memungkinnya. Jadilah diriku ngefotoin si hyung. Nyari inspirasi via pinterest atau instagram, terus kasih tahu dia buat begaya sesuai penemuanku. Tentunya dengan sedikit modifikasi.

    Kalau bucket list dalam waktu dekat ini, pokoknya kudu baca buku setiap hari, you know I just make a new challenge, 10 minutes reading challenge. Lebih rajin menulis dan blogwalking, sama bikin konten baru di IGTV ku πŸ˜€

    1. iyah, keadaan seperti ini memaksa kita untuk melakukan yang ga biasanya kita lakukan, harusnya bikin kita lebih kreatif kan yaa…

      ya semoga dengan nyobain hal baru, eh malah lebih suka, trus gmn sama foto yg inspirasinya dari pinterest itu?lebih menyenangkan daripada hunting moment raw kah?

      wah, keren pit.. aku selalu suka anak muda yang meski ditengah kesibukannya tapi tetap mau untuk lebih produktif ngerjain yang disukainya..

      semangat hey pipit!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s