Merapikan diri

Waduw, udah jam 11 malem ternyata! Kelupaan mau nulis disini karena barusan agak teralihkan dengan aktiffitas yang diada-adain yaitu menata ulang google calendar agar daily task-nya disesuaikan dengan current job.

Agak banyak juga daily task buat 2021 nanti dan aku pengen tertib sejak hari pertama.

Selama ini aku terlalu fokus dengan content making di kantor dan lupa untuk maintaining akun instagram sendiri.
Emang kenapa dengan IG? karena aku masih menanggap akun IG itu sebagai portfolio yang kalo orang mau menilaiku secara singkat, pasti IG feed dulu yang dilihat.

Aku teringatkan kembali dengan itu karena sekarang ketika aku lagi nyari orang yg bisa membantuku sebagai content creator, ternyata secara otomatis and based on zero experience in HRD aku cari gampangnya yaitu menilai seseorang dimulai dari caranya mengirim email, seperti:
Apakah subject emailnya sesuai yg kuminta kah?
apakah Isi emailnya ada basa-basi sopan singkat atau tanpa body email dan langsung ke lampiran CV aja?
Atau, apakah desain cv nya masih pake template lama yg segitu datarnya, atau dengan desain yang sangat menggambarkan keahliannya?

Kemudian, sedikit stalking dengan sosial medianya. Kalo seseorang udah fasih main internet, dia akan tahu tempat-tempat pas untuk menyimpan portfolionya, misalnya kalo illustrator atau graphic design itu biasanya kalo ga di dribbble.com ya di behance. Kalo fotografer ya paling umum di feed Instagram, mungkin flickr, atau lebih keren lagi kalo punya website sendiri.

So, karena hal itulah, malah semacam mengingatkanku kalo akupun harus mau ‘merapikan diri’ di channel sosial media yg tepat untukku sebagai fotografer, agar lebih enak untuk dinilai oleh orang lain atau mungkin calon client. who knows, right?

Oleh karena itu, 2021 ini sepertinya aku harus lebih rajin update di feed Instagram, ga usah setiap hari, yang penting konsisten aja, misalnya semingggu 3 kali dulu seperti layaknya blog ini. hehe.

——

Tadi di google calendar aku cukup tenggelam menikmati membuat perencanaan daily todolist. Salah satu hal yang kusuka dari planning adalah kejelasan arah dan tujuan, from scratch.

Contohnya, mulai minggu depan:
1. mulai bikin konten secara konsisten seminggu 3x di instagram sendiri
2. melanjutkan konsistensi update blog disini setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat
3. Menulis setiap hari di blog (harianadynura.wordpress.com) dengan versi yang jauh lebih sederhana, text only

Dan apa lagi ya?

Ya, pokoknya awal bulan di 2021 jadi lebih banyak kerjaan depan laptopnya, ga apa-apa deh, yg penting rumah kebeli nantinya.

Lets get it on!


Ps: sesekali ga nyambung ya tulisan sama fotonya ga apa-apa ya.

5 thoughts on “Merapikan diri”

  1. Wuih Ady punya blog baru? Hehehehe, langsung follow sebelum ketinggalan 😍

    Saya juga akhir tahun ini bersih-bersih digital seperti biasa. Rapikan folder foto di laptop, check semua documents, yang sudah nggak terpakai hapus, foto yang blur dan menurut saya nggak perlu disimpan langsung hapus, terus susun ulang folder, habis itu pindahkan ke hardisk dan reset factory laptop biar terasa seperti laptop baru hahahahahahaha 😂

    Semangat untuk 2021 Dy, semoga rumah bisa kebeli soon! 🥳

    1. ahahahaha… itu blog seneng-seneng aja, semacam ‘dear diary’ aja hahaha.. awalnya tergerak sama pak Seth Godin, dan semoga lama-lama jadi kebiasaan aja nyerita disitu :D, no niche, no pressure… just writing.

      wah?kak Eno emang rutin bersih-bersih digital setiap akhir tahun? tapi kalo difikir-fikir, kyknya emang bagus juga ya, pasti ada file-file yang udah ga guna, ngapain jg nongkrong terus di hard disk yak..

      Aaamiiin kak Eno, rumah… i’m coming!

  2. Pantesan semalem aku cek belum ada postingan terbaru, nggak taunya kak Ady lagi keasikan main google calendar🤣 kalau aku boro-boro bisa merapikan berkas-berkas di laptop, soalnya kalau udh diberesin nanti tercecer lagi. Karena skripsi belum kelar, jadi mending nanti aja sekalian diberesinnya, wkwkw.

    Makasih lho kak sudah mengingatkanku soal cv dan lain-lainnya yg bisa jadi penilaian orang lain nanti saat aku apply job😬 kebetulan ingat cv belum diperbarui template design-nya, ehehe.

    Semangat dalam berkarya di dunia digital, kak Ady! Semoga bisa konsiten yaa, Aamiin😁

    Eh iyaa hampir ketinggalan, by the way itu fotonya nyambung-nyambung ajaa lho, kak Ady. Ada tulisan life goes on di kertas yg kecil itu, sama maknanya dengan apa yg kak Ady tulis. Oleh karena life goes on, jadi kita perlu sesekali merapikan diri, atau merapikan hal-hal yg dapat membantu kita agar lebih produktif😁 gimana kira-kira cocoklogiku, kak?😆

    1. ahahaha.. iya duuuuh, tahu-tahu udah jam 11 malem aja, soalnya 2 bulan ini ga ngoprek google calendar jadi agak ngulik lagi cara edit daily task dll-nya. ya biasa lah, aku emang paling doyan lama-lama sama planning, sampe akhirnya lupa untuk took action fulfilling that plan.

      Nah soal berkas-berkas digitalpun, sedikit demi sedikit akupun mulai merapikannya dan dibuat hirarki yg mudah dibaca, biar kalo nyari satu file tertentu gampang nyarinya. organizing pun jadi salahsatu yang bikin aku betah berlama-lama.

      Oia, itu juga awl, ternyata setelah aku memposisikan diri sebagai orang yg nyari sdm yg kuinginkan, ternyata ngaruh juga digital footprint kita di internet, bagusnya mah bikin akun tersendiri yg emang buat pamer hasil kerja (portfolio) serapi dan seprofesional mungkin. soalnya kyknya ngaruh banget di era sekarang.

      hahaha… sekilas, itu jg yang membuatku memilih foto, so.. syukurlah kalo masih nyambung, berarti blog post ini secara foto dan tulian masih relevan yaaa 😀

      cocokologinya sesuai yg kufikirkan. 😀
      again, we are in the same page!

      Awl, terima kasih yaaa!
      btw, ku senang sama kalimat awal komenmu ini, semacam nunjukin kalo awl udah tau kapan ngecek blogpost terbaru dan emang mau baca. am i right? i hope i’m right? please say yes aja biar aku hepi.. 😀

  3. Hi Kak Ady! Happy new year ya 🥳
    Semoga resolusi di tahun ini bisa tercapai semuanya 😁
    Tentunya aku langsung meluncur ke blog baru Kakak, bahkan udah komentar duluan di sana baru di sini 😂
    Semangat terus dalam berkarya, Kak! Supaya bisa segera beli rumah yang Kakak inginkan 😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s