Pemimpi

Time flies so fast, ga kerasa salah satu temen kuliahku besok akan melangsungkan pernikahan. Rasanya ga percaya mengingat selama kuliah ada kalanya dia beberapa kali curhat seputaran kejombloannya, atau mengira-ngira pria seperti apa yang akan jadi suaminya nanti. Akupun selalu menjawab, “semuanya akan indah pada waktunya

Dan sekarang, waktunya tiba juga. Begitulah hidup, semua akan terjadi pada waktunya, seperti halnya kelahiran dan kematian.

Tapi bukan itu yang mengingatkanku tentang temanku ini. Adalah mimpinya untuk kuliah ke eropa, tepatnya ke Perancis kalo ga salah. Entah sejak kapan mimpinya lahir, tapi kurasa setelah buku atau film triloginya Andrea Hirata yang Laskar Pelangi keluar.

Sejak saat itu, yang dia bicarakan pasti ga jauh tentang mimpinya itu dan jujur saja aku paling senang mendengarkan mimpi liar seseorang apalagi kalo diceritakan dengan penuh gairah dan penuh keyakinan.

Sayang, makin lama mimpinya makin terasa jauh, ditambah dengan pekerjaan dan ‘realita hidup’ yang mulai mengaburkan fokusnya. Mungkin dia menggantungkan mimpinya terlalu tinggi.

Tapi, menggantungkan mimpi setinggi itu ternyata sama sekali tidak jelek.

Ketika mimpinya ke eropa mulai mengabur, diapun menurunkan ekspektasinya. Entah secara sadar atau tidak, tapi dia telah mencapai hal lain yang ga mungkin digapai oleh aku yang tidak punya mimpi setinggi dia. Dia sudah menjadi solo traveler ke Jepang dan bahkan India, belum ditambah beberapa tempat di Indonesia timur.

Mungkin, memiliki mimpi yang liar atau setinggi-tingginya itu bukan tentang probabilitasnya untuk terwujud, tapi ketika tujuanmu adalah kutub selatan, maka setidak-tidaknya kegagalanmu bisa membawamu sejauh penjelajahan ke selandia baru. Atau ketika kamu menargetkan ipk sempurna 4.00, meskipun usahamu gagal mencapai target, tapi bisa jadi akan tetap membawamu setidaknya ipk 3,5 (masih cum laude).

Jadi, jangan segan ya kalo bermimpi. Pasang target setinggi-tingginya. Tapi jangan lupa untuk bangun dan berusaha mewujudkannya, nikmati prosesnya lalu lihat akan membawa sampai kemana dari mimpimu yang tinggi itu.

Kini, Eka punya mimpi baru, dan dia tidak perlu untuk solo lagi.

Have a lovely wedding, Eka!

Btw, apa mimpi terliar atau tertinggimu?

13 thoughts on “Pemimpi”

  1. Happy wedding, Kak Eka! Semoga langgeng dan bahagia selalu πŸ˜€

    Mimpi terbesarku saat ini untuk bisa beli rumah sendiri, dan yang ke-2 bisa pergi jalan-jalan ke daerah Amerika/Jepang/Korea/Eropa, Swiss yang terjauh. Semuanya butuh dana yang besar ya πŸ˜‚. Tapi kalau rumah, itu mimpi yang harus diusahakan. Kalau jalan-jalan, itu mimpi yang tidak terlalu prioritas tapi tetap dinantikan saat terwujudnya hahaha.
    Kalau Kak Ady, apa mimpi terbesarnya saat ini?

    1. Salah satu mimpi terbesarku sama seperti Lia, pengen punya rumah sendiri. ga perlu besar, yang penting punya halaman dan taman di belakang.
      Lalu aku pengen banget punya macbook.

      but my wildest dream itu adalah keliling dunia, merasakan sendiri 4 musim (semi, gugur, panas, salju) dan melihat sendiri aurora di daerah utara sana.

  2. Selamat menjalani kehidupan baru untuk teman Ady 😍
    Semoga kebahagiaan dan keberkahan hidup selalu melingkupi πŸ’•

    Kalau ditanya mimpi terliar saya apa, dulu sih of course keliling dunia ya πŸ˜‚ Soalnya jaman sekolah, orang tua saya nggak pernah kirim saya abroad padahal sohibul saya sering diajak abroad sama orang tuanya. Alhasil saya kenyang dengar cerita dan lihat video atau foto Disneyland, Amerika, Jepang, etc even before melihatnya hahahahaha. However, saya nggak iri, tapi lebih ke termotivasi, jika one day saya pun bisa. Thankfully, punya sohibul yang suportif sangat berguna hahahahaha. Jadilah saya selalu disupport agar kelak bisa berangkat 😁

    Sekarang, berhubung beberapa mimpi terliar sudah saya capai, kayaknya mimpi saya berubah jadi sederhana. Ingin hidup peaceful bersama si kesayangan. Bisa jalan-jalan keliling pulau Jeju atau Bali setiap akhir pekan hanya untuk sekedar masuk hutan, duduk tepi pantai, naik ke bukit, atau hunting cafe dan menyanyi sampai suara serak di dalam mobil hahahahaha. Which is, karena Corona, menjadi mimpi terbesar sebab jadi susah ke luar rumah πŸ™ˆ

    Semoga apapun mimpi terliar Ady, bisa tercapai segera 😍 SEMANGAT!

    1. mimpi sederhananya kak Eno bisa pas jadi mimpi idealku, hehehe…

      Btw, terima kasih kak Eno untuk selalu berkomentar di blog ini.. dan untuk semuanya deh pokoknya

      semoga 2020 hanyalah awal dari pertemanan blogging ini dan ada tahun-tahun kedepan yang makin menyenangkan!

      jangan bosen yaaaaaaa….

  3. happy wedding mba eka, salam buat mbak eka ya
    yes aku termasuk pemimpi, awal awal pengen ke singapore, sampai akhirnya jadi kenyataan dengan “susah payah”, tentu saja hepi bener
    sampai sekarang yang masih diusahakan untuk tercapai adalah pengen punya rumah sendiri, harusnya dari dulu sudah bisa, tapi malah sering buat jalan-jalan hahaha, dan makin berganti tahun, harga juga makin naik.
    kemudian punya usaha sendiri, jadi owner gitu ceritanya. aminnn

  4. Happy wedding untuk temannya, mbak Eka. Glowing sekali di foto.

    Sebagian mimpi saya sudah tercapai jadi pikirannya what next? Ternyata setelah mimpi tercapai harus aktif punya mimpi baru, ya. Over and over again…so saya punya beberapa stock mimpi yang moga-moga ke depan bisa di coret karena sudah kesampaian.

    Karena blog ini tentang fotografi, saya kasih tahu satu yang relevan…salah satu mimpi saya adalah bisa memfoto singa-singa di Afrika..wkwkwk…

  5. Cantiiiknyaaa, mas Ady yang moto kah?

    Selamat menempuh hidup baru ka Ekaaa, mimpi yang tinggi juga aku banget wkwk, mimpi lanjut S2 ke Eropa hahaha, semoga terwujud dan kalaupun tidak at least aku udah usaha. Aku ini pemimpi banget emang, kan a dreamer wkwk.

    1. iyah aku yang motoin, dari jama kuliah emang udah jadi tukang poto temen-temen, haha…

      wah, mimpi yg keren dan bisa banget diwujudkan tuh, asal berusaha dan tekad kuat.
      eh iya ya, namamu dreamer yaa…. tp jangan lupa bangun ya, dan jemput mimpimu!

      Sovi pasti bisa, harus! i’m watching you

  6. […] ini dan sempet bingung mau ngepost apaan. Tapi tiba-tiba teringat lagi pas lihat postingan Pemimpi. Syukurlah, ternyata ada stok foto yg belum keluar. πŸ˜€Btw, satu hal yang dari tadi kufikirkan pas […]

  7. Wahh aku telat nggak sih main kesininya? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Gimanapun, selamat menempuh hidup baru untuk Kak Eka, temennya Kak Ady.

    Eh? Is that okay kak, kalau kita punya mimpi yang tinggi terus cerita ke orang lain? Bukan kenapa, kadang malah ada yang ngremehin hahaha. Ujungnya malah burden sendiri. Kalo aku sih itu!

    Tapi kalo cerita ke orang bisa nambah semangat gitu sih kadang, kayak ada alarm otomatis yang bilang kalau “kamu harus berusaha mewujudkan mimpi kamu” hahaha πŸ˜‚

    Kalau aku sendiri cita-citaku adalah lanjut kuliah ke luar negeri. Poin plusnya supaya dapat beasiswa. Hehehe. Tahun lalu udah planning untuk daftar, Alhamdulillah, sekarang lagi nyiapin berkas. But, aku nggak tahu tuh bakalan ke acc nggak. Entah gimana hasil akhirnya tapi seenggaknya, aku udah nyoba. Pengalaman kan guru terbaik? Betul nggak sih itu? πŸ˜‚

    So, kalau ngomongin mimpi-mimpi lain, nggak jauh-jauh kayak Kak Ady, yang kepengin keliling dunia. Tahu nggak Kak Ady? Kalau aku berhasil mewujudkan mimpiku yang satu ini, yakni bisa ke negara 4 musim dan liat salju langsung, aku mau bawa sirup marjan rasa cocopandan, nanti aku mau tuangin ke gelas yang isinya salju yang dah aku ambil itu. Ahahahahaha, so weird dream! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    1. sebetulnya mimpi mah buat sendiri aja, orang yg share soal mimpi-mimpinya itu biasanya sama orang-orang terdekat yang emang positif dan optimis orangnya dan memang butuh support biar makin semangat ngejarnya.

      Ana, itu mah beli aja tukang es serut di dekat sekolahan SD -_-, tapi difikir-fikir kyknya seru juga sih hahaha… tp ribet ga bawa sirup marjannya?trus itu salju dari langit aman langsung dimakan? haha… ku ga paham

      1. Pastinya nggak aman sih kak, karena nggak melewati proses filtrasi dengan baik. Wakakak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

        Tapi buat seru-seruan aja, haha!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s