Serba Salah

Hola, friends!

Seperti yang kusinggung di post sebelumnya, kali ini mau share foto yang lebih banyak daripada biasanya karena kalopun dipisah-pisah, ceritanya sama aja.

Tapi sedikit cerita, jadi minggu kemarin itu aku ngajakin panda buat main ke rumah kakaknya di daerah Gedebage (yang ada summarecon-nya itu) kan ya.

Ada dua hal kenapa aku ngajakin panda kesana:
Pertama, karena sepertinya kita butuh jalan-jalan, sekedar menikmati sesuatu diluar aktifitas sehari-hari yg itu-itu aja dan sekaligus biar aku dapet foto-foto baru buat blog seperti sekarang ini, hehehe…
Kedua, aku ingin sedikit ‘memaksa’ panda untuk olahraga dan berkeringat meskipun hanya sekedar jalan kaki (tapi yg agak jauhan), karena menurutku akan tidak sehat kalo tidak pernah olahraga dan berkeringat karena olahraga.

And i did it, tapi…

Aku tahu pasti kalo hal ini akan terjadi, dan ketika hal ini terjadi, aku selalu serba salah gimana harus menyikapinya.

Jadi, Pandaku ini sekarang punya GERD (semacam maag, tapi levelnya lebih atas lagi)-makin aneh aja ya penyakit orang muda masa kini. GERD ini bukan penyakit turunan atau penyakit menular, tapi ini adalah hasil dari gaya hidup ga sehat di masa lalu.

Pandaku ini dulunya peminum kopi yg ‘hebat’, katanya waktu SMA bisa minum kopi susu 3 kali sehari, belum lagi dengan hobinya makan-makanan pedas, baso yang dikasih cuka tapi pedes juga, sering makan mie instan, jam makan ga teratur karena lebih banyak jajan ga jelas daripada makan nasi, ah pokoknya yang ga bagus untuk pencernaan deh, tapi terus dilakukan karena memang ga ada keluhan apa-apa selama itu.

Apa yang dia tanam di masa muda, sekarang dia tuai, and she just have to accept it.

Tapi sekarang pandaku udah mulai terbentuk komitmen untuk mau sembuh karena efek gerd ini ga enak banget, dikit dikit kembung, dikit dikit ga enak perut.

Termasuk ketika kecapean, asam lambungnya akan seketika naik dan membuatnya sulit bernafas, tapi disisi lain, panda ini harus lebih banyak olahraga biar ga cepet cape, kalo terbiasa berolahraga, nafasnya akan lebih panjang.

Yang tadinya 10 meter langsung cape trus asam lambung langsung naik bikin sesak, aku harap ketika terbiasa, lama-lama capenya akan muncul di meter ke 50 dan terus makin jauh jaraknya sampai akhirnya terbiasa jalan kaki jauh dan asam lambung ga cepet naik.
teorinya seperti itu.

Tapi pada prakteknya, akupun ga tega ‘memaksa’ dan menyemangati untuk terus berjalan kalo nafasnya tersengal-sengal.

Dan pada situasi ini, aku selalu serba salah. ‘memaksa’ olahraga demi kebaikannya terasa salah karena bikin dia ‘sesak nafas’, ga ngajakin olahraga juga kok kayaknya ga bagus juga, karena kalo ga kuajakin, pasti ga akan mau olahraga sampai kapanpun.

Dan ya.. itulah sedikit ceritaku kenapa minggu kemarin terasa sangat serba salah ngajak panda jalan kaki ke area Summarecon yang belum rampung itu.

Tapi di setiap istirahatnya dia, akupun merasa ga keberatan atau kesal karena aku jadi punya waktu lebih banyak untuk melihat-lihat dan foto-foto πŸ™Š upss..

Inilah foto-foto yang kuambil selama jalan kaki dari rumah kakak menuju summarecon, sempat menyebrangi sungai dan melihat beberapa orang yg lagi mencari ikan, sungguh pemandangan yg baru kulihat.

Btw, teman-teman ada yang punya pengetahuan tentang gerd dan gimana cara biar bisa sembuh atau menjadi lebih baik?

8 thoughts on “Serba Salah”

  1. Seingatku salah satu teman bloggers yang bernama Kak Ikrom punya pengalaman Gerds juga, Kak. Coba tanya-tanya ke beliau kalau ingin tahu lebih hahahaha Ikromzain dot com blognya 😁

    Semoga Kak Panda bisa segera sembuh dari Gerd-nya ya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

  2. Mas Ady, udah lama jadi silent reader, sekarang mau komen dong.
    Aku baru tahu tentang Gerd itu mas, bacanya aku jadi lumayan takut, soalnya aku juga malas makan, tapi doyan jajan nggak jelas dulunya. Pas kuliah juga sering makan makanan pedas.

    Semoga, kak Panda lekas membaik ya mas, semangat olahraganya kak. Semangat juga buat mas Ady yang selalu berusaha membiasakan kak Panda olahraga.

    1. Hey soviii… kemana aja?gimana kerja? lancar kan yaaa….

      Ya jaga kesehatan aja terus, terutama kesehatan pencernaan, karena kalo disittu sakit biasanya kemana-mana, intinya sih apapun jangan berlebihan. secukupnya dan variatif, jangan melulu minum kopi, besoknya sama smoothies atau teh ijo.

      Mumpung sekarang ga ada keluhan, dipertahankan kesehatannya πŸ™‚

      siap! semoga panda jg lambat laun bisa terbiasa olahraga meskipun susah sih ya, soalnya itu harus berangkat dari niat orangnya sendiri.

      Terimakasih Soviaa… jangan sering-sering jadi silent reader,
      komen say hi atau ga nyambung sama tulisan juga ga apa-apa, hehe πŸ˜€

  3. Lately, sering baca news soal gerd, tadinya nggak tau itu sakit apa, saya kira tipe penyakit baru, tapi ternyata level akutnya dari maag ya. Huhuhu, semoga Panda bisa lebih sehat, Dy 🀧

    By the way, si kesayangan juga sering nggak tegaan kalau saya sudah bilang cape saat olahraga hahahahaha, dan cara diri mirip Ady, tambah sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Soalnya dulu saya tuuuuh benci banget jalan kaki, naik tangga, etc, makanya sampai pernah tulis post berantem gara-gara diajak naik tangga πŸ˜‚ Tapi berjalan dengan waktu, karena sering iseng diajak jalan yang sedikit sedikit itu, akhirnya saya bisa. Dari yang tadinya 100m, naik jadi 200m, begitu terus sampai saya pernah jalan di healing forest total 5km, dan jalan-jalan trip bisa sampai 10km a day 😁

    Semua ada prosesnya, saya yakin Panda bisa, dan Ady, tetap sabar ya menyemangati Panda. What she needs the most adalah support dari pasangan tanpa tekanan dan paksaan 😍

    1. Nah itulah yang kuharapkan juga, sedikit demi sedikit tapi ada progress,
      yang penting jangan sampai ga olahraga, karena badan juga perlu bergerak dan keringat juga perlu untuk dikeluarkan,, bukan hanya saat gerah aja πŸ˜€

      Asal pandanya punya niat bulat dan kemauan yang tinggi, harusnya bisa, pasti bisa πŸ˜€
      semuanya sebetulnya terserah si empunya badan, kalo mau pasti bisa, dan aku pasti akan selalu ada untuk menemani dan menyemangati!

      kak Eno, terimakasih doanyaaa ><

  4. Saya ada pengalaman dg asam lambung dr org2 sekitar.

    Pertama.Jauhi kopi is a must. Kopi itu jahadd bgt utk penderita asam lambung aplg Gerd (maaf fans kopi). Ada kopi tdk memberi efek, sayangnya tdk sebanyak yg beredar.

    Kedua. Atur pola makan. Tdk boleh terlambat. Sedikit2 tapi banyak disarankan. Biasanya dokter memberi pantangan mkn apa saja yg sebaiknya dihindari.

    Ketiga, kebanyakan penderita itu alami dampak emosional krn sakit ini. Jadi asam lambung naik sedikit lgs panik. Padahal panik–)makin naik. Jadi yg perlu dilatih adalah sugesti dan rileksasi (ini sy pernah terapkan pd salah satu pasien). Pandu agar ybs bersikap tenang sampai bisa mandiri mengendalikan emosinya sendiri. Tanya apa selama ini yg mjd beban pikiran?

    Semoga membantu.

  5. Kak Ady, kebetulan banget temenku juga punya masalah penyakit lambung GERD ini😫 Kenapa bisa samaan gini yaa huhu. Salah satu penyebabnya karena sering makan mie instan, dan doi selalu minum kopi bahkan dari kecil. Sampai sekarang jg masih minum kopi tapi dibatas hanya dalam kondisi sehat, alias udah makan dengan teratur (itupun makanannya harus yg terjaga). Kalau abis makan seblak terus minum kopi kan malah jahat ke lambungnya😲

    Sejauh ini sih yang kutau memang harus bisa jaga pola makan dan pola hidup. Kalaupun pingin makan mie instan, misalnya, baiknya kak Panda rebus mienya sampai mateng banget biar mudah dicerna. Dan kalau bisa memang sebaiknya hindari minum kopi, dan sering-sering minum jamu atau minuman herbal lainnya. Aku pernah nemu akun terpercaya yg khusus jual minuman herbal untuk penderita GERD gini, nanti aku coba cari dulu yaa kak Ady, soalnya lupa nggak difollowπŸ™ˆ. Oh iya, terakhir aku setuju dengan mbak Phebie, emosi itu bisa mempengaruhi. Kalau kita panik karena asam lambung naik pun bisa mempengaruhi. Jadi betul-betul harus menjalani pola hidup sehat, physically and mentally.

    Aku tau kak Ady pasti akan selalu menyemangati kak Panda, jadi aku hanya bisa mendo’akan yang terbaik semoga kak Panda bisa segera lebih sehat dan jangan sampai penyakitnya kambuh dengan parah yaa. Aamiin. Semangat kak Ady dan kak Panda!😍πŸ’ͺ🏻

    1. iya awl, dia udah stop makan mie dan pedas, bahkan kopi udah lama ga minum.
      karena setiap cheating aja dikit, langsung berasa kembung dan mual.

      kayaknya memang harus terapi seperti merutinkan minuman herbal, katanya kunyit bagus banget untuk menyembuhkan, jadi mau coba, toh ga ada efek samping juga ya kalo herbal mah…

      Awl, terima kasih informasi dan doanyaa… semoga panda bisa lebih baik,, physically and mentally as well.
      kalo mentally, aku suka kelikitik biar bahagia terus, hehee… salah ya?ga gitu juga ya caranya? πŸ˜€

      Awl, again.. Thank you so much!
      selamat liburan akhir tahun!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s