Proses

Kamu lihat satu kata yang ada pada dinding penuh grafiti itu? YOLO. Nah, aku ga akan bahas itu kok.
Aku ga akan bahas apa-apa disini, cuma mau mengisi kekosongan di hari ini dengan satu foto yang sama kosongnya.
Lalu bapak becak itu ga dianggap ada?–Bapak becak itu hanyalah foreground foto yang kebetulan lewat dan tertangkap kamera. Jadi, itu semacam ketidaksengajaan semata.


Btw, biasanya kalo aku ingin hunting momen di jalanan (a.k.a street photography) pasti selalu mentok berlokasi di alun-alun Bdg dan sekitarnya.

Bukan males nyari sih, tapi lebih ke….. hmmm… iya sih, kayaknya males aja. HA! parah ya, untuk ngelakuin hobi aja udah pake kata males, ya… parah parah parah.

Singkat cerita, setiap aku pergi hunting, kebanyakan akan gagal menemukan hal yang aku maksudkan sejak awal. Tapi sepanjang itu pula, keputusan untuk pergi keluar dan hunting foto selalu menjadi keputusan terbaik dan ga pernah disesali karena meski tidak mendapat yang aku rencanakan, tapi aku mendapatkan sesuatu yang tak terduga (in a positive way), setidaknya lebih baik daripada tidak kemana-mana.

Mungkinkah pada akhirnya yang paling penting itu bukan tujuan dari rencana tapi proses yang berhasil dijalankan pelan-pelan dan dinikmati meskipun hasil akhirnya tidak sukses mencapai tujuan.
Toh, manusia itu hanya mampu untuk berencana dan berusaha aja kan.

12 thoughts on “Proses”

  1. Kita sama Dy, kadang rencananya mau apa, yang terjadi justru apa ๐Ÿ˜‚ — Sometimes saat saya yalan-yalan, saya ingin ikuti itinerary yang saya punya, however di perjalanannya, banyak hal terjadi yang membuat saya beralih dari tujuan awal ๐Ÿ™ˆ

    Thankfully, saya nggak menyesalinya dan tetap menikmati setiap detik momen yang ada. Seperti kata Ady, menikmati proses itu juga sama penting, jangan sampai hanya demi kejar purpose kita, terus kita lupa enjoy the present, every bits of moments ๐Ÿ˜

    By the way, Ady type yang menjalani konsep hidup YOLO atau nggak? ๐Ÿ˜†

    1. YOLO? in a good way… kayaknya mesti dipasang mindset kyk gitu biar agak lebih berani ambil resiko, tp pada kadar yg ideal, ga berlebihan seperti YOLO trus berani tarung sama gorila,misalnya…

      so, YOLO… kadang iya kadang engga sih. dan anehnya selalu bersyukur telah sedikit lebih berani melakukan sesuatu daripada yg menghindari, hehe

  2. Benar sekali. Ini tuh udah kayak petuah yang berkali-kali saya dengar, namun sedihnya saya selalu kecolongan, saya susah being present or seize the moment. Pikiran saya punya kecenderungan jalan kemana2 klo hari itu berjalan tidak sesuai visi. Mungkin karena tendensi overthinker. Pikirannya yg jalan-jalan. Sayanya nggak. Wkwk

    Nice photo by the way. ๐Ÿ‘๐Ÿป

    1. Wah, terimakasih kakak sofia untuk komentarnya…

      kalo pikirannya sering melalangbuana, berarti orangnya imajinatif banget ya, cocok sekali jadi penulis fiksi nih…

  3. Dulu pas masih semangat2nya nyetrit punya proyek buat dokumentasi pasar sama kampung kota. Tapi semangat hangat2 tai kotok haha, meski pernah pergi subuh2 ke Pasar Andir buat nyetrit.

    Seringnya dulu ngintil2 nyetrit pas ngaleut, tapi semangat jepret2 makin kendor dan malah jadi pemandu jadi jarang pegang kamera.

    1. wah ngaleut? aku jg ada beberapa temen yg sempet aktif ikutan ngaleut.

      Emang pas tuh ngaleut sambil nyetriit, jalan-jalannya berfaedah, dapat ilmu dan wawasan sejarah mengenai suatu lokasi khususnya di Bdg.

      Ngaleut masih aktif kah?

      1. Sampe awal tahun 2020 saya bahkan numpang tidurnya di basecamp Aleut. Selama pandemi kegiatannya masih terbatas dan biasanya cuma buat internal.

      2. seriusan? kenapa ampe numpang? btw, basecamp aleut emang dimana?
        pantesan tulisannya bagus, biasanya yg ngikut aleut kan suka nulis dan blogging gitu dan bagus-bagus tulisannya,…

      3. Soalnya rumah sih, bayarnya tinggal jadi bapak rumah tangga dan ngurus perpusnya. Seringnya jadi kuncen buat mahasiswa yg konsul tugas kuliah/skripsi.
        Ada di Buahbatu, daerah sekitaran Bikasoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s