Saksi sejarah

Ketika PSBB awal-awal mulai diterapkan di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Bandung. Semua jalan protokol ditutup dalam upaya untuk mengurangi kerumunan orang. Beberapa perusahaan pun menerapkan sistem Work From Home agar di kantornya tidak terjadi penularan virus ini.

Saat itu, aku termasuk orang yg ‘excited’ bukan karena covidnya, tapi karena terjadinya momen-momen sepi kota yang bukan terjadi di hari lebaran. Mungkin karena mentalitas seorang tukang foto, aku melihat ini sebagai kesempatan untuk mengabadikan momen yang jarang terjadi, fotoku bisa jadi salah satu saksi sejarah bahwa pada satu masa, dunia dihantam pandemi yang sifatnya global, dan Indonesia termasuk didalamnya.

Di atas adalah Jl. Asia Afrika yang merupakan salah satu jalan utama di Bandung yang ditutup sebagai upaya pencegahan penyebaran. Tapi bukan Indonesia kalo ga ada rakyatnya yang ngeyel. Dari PSBB ini justru lahir trend bersepeda. Kerumunan kendaraan bermotor diganti dengan sepeda kayuh roda dua.

Hanya foto ini yang kuabadikan dengan kamera analog, sisa lainnya pake DSLR… *psst, hasilnya fotonya ga begitu bagus

Hari ini, sudah memasuki pertengahan Oktober, dua bulan lagi menuju akhir tahun 2020. Bisa dipastikan bahwa tahun 2020 ini dihiasi dengan pandemi corona. Semoga semua ini segera berakhir ya, yg tadinya ga bisa traveling keliling dunia jadi bisa lagi, yang ga jadi naik haji, tahun depan jadi dibolehkan lagi, yang diputus kontrak kerja karena perusahaan sedang dihantam, semoga segera dipanggil bekerja kembali atau justru mampu mandiri dan jadi pengusaha.

Gimana kabar kalian di daerah tempat tinggalnya? semoga memulih dan kembali normal ya.

7 thoughts on “Saksi sejarah”

  1. Di Bali nggak ada PSBB yang ketat seperti Jakarta, tapi mungkin karena Bali ini bergantung sama pariwisata, jadi masyarakatnya cukup sadar diri untuk ikuti protokol kesehatan 😁 harapannya dengan begitu Corona bisa hilang dan turis internasional bisa kembali masuk Indonesia 🙈 — hehehehehe.

    Saya turut mengaminkan doa-doa Ady yah, semoga pandemi bisa segera hilang. Saya pun rindu bebas pergi ke luar tanpa harus pusing buru-buru mandi saat sampai rumah 🤪 kadang saya masih mau rebahan di sofa soalnya hahahaha 😂

      1. Yes, sekarang turis domestik sudah mulai masuk, cuma belum begitu banyak, jadi pelaku usaha pariwisata tetap belum bisa bernapas lega. Hehehe. Semoga soon, bisa 😍

  2. Ahhh.. adem banget lihat jalananan Asia Afrika yang selalu macet apalagi kalau malam minggu ini begitu senggang sampai terlihat ada sedikit berkabut di fotonya 🤭. Berarti lagi bersih dan segar udaranya saat itu. Sama seperti Jakarta saat PSBB, kalau pagi-pagi bisa banget lihat gunung dengan jelas, biasanya cuma saat-saat tertentu aja terlihat bayangan gunung. Langit juga biru sekali saat PSBB total beberapa bulan lalu. Pandemi ini membawa perasaan yang campuraduk hahaha.

    1. Betul, karena disisi lain, ternyata PSBB ini berdampak baik untuk lingkungan.

      Harapan tertingginya sih Covid hilang, kebiasaan dari PSBB yg bagus untuk lingkungannya tetap dijaga,
      trend bersepeda bagus tuh, mengurangi polusi kendaraan bermotor.

  3. Jakarta psbb jilid pertama juga sepiiiiii banget mas. Aku msh kerja waktu itu. Tiap diantar suami, lgs seneeeeng liat jalanan ga macet, sampe2 dr kantor ke rumah cm 15 menit, yg biasanya bisa 1 jam hahahaha.

    Tp jilid keduanya samimawon. Ga ada tegasnya samasekali :p. Jd ttp aja rame. Untungnya aku udh resign, jd ga ush ngerasain bermacet2an :D. Aaamiiin semoga THN depan udh balik lagi yaaa. Trip2 ku di tahun ini sisa 1 , ke Iran, yg bisa dibawa ke 2021, itupun Krn maskapainya ga mau ganti refund, cuma boleh reschedule -_- . Sisa trip lain aku cancel, nunggu aman aja .

    1. wah jauh juga ya bedanya dari biasa 1 jam jadi 15 menit, pantesan bikin seneng ya….

      jilid kedua mah jadi rancu ya, PSBB tp yaaa gitu deh yaa…

      wah ke Iran? seru tuh kyknya… di Iran biasanya wisata apa kah yg rekomen?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s