Bandung, We Are In This Together

Bandung Sepi

私たちは一緒にこれにいます

Awal tahun 2020 diwarnai dengan sesuatu yang sangat tidak menyenangkan untuk manusia di planet bumi ini. Berawal dari kota Wuhan di China, menyebar ke seluruh penjuru bumi hingga cuma beberapa negara saja yang tidak terpengaruh. Covid-19 kode namanya, Coronavirus namanya. Wabah pandemi ini menular antar manusia dengan mudah dan cepat hingga memaksa negara-negara yang terkena untuk melakukan beberapa pencegahan penularan, diantaranya adalah dengan himbauan social distancing, isolasi diri di rumah masing-masing, penggunaan masker baik untuk yang sakit ataupun yang sehat.

Beberapa negara, dengan ketegasan dan kesigapannya, langsung memberlakukan lockdown agar orang-orang tidak keluar rumah sembarangan dengan harapan penyebaran bisa dihentikan. Tapi, Indonesia adalah salah satu negara yang cukup lambat dan tidak tegas dalam penanganan wabah pandemi ini. lock down tidak dilakukan, pun hanya himbauan demi himbauan social distancing dan tidak keluar rumah yang pemerintah lakukan, termasuk di Bandung, Jawa Barat.

Tapi seiring terus bertambahnya jumlah positif covid-19 di beberapa daerah di Indonesia, maka mau tak mau tindakan tegas harus diambil, begitupun dengan pemerintah kota Bandung. Pemkot Bdg sudah mulai memberlakukan penutupan di jalan-jalan utama dan di pusat-pusat keramaian. Bandung, dengan kesibukan, keramaian, dan kemacetannya, kini bagai kota terpencil yang sepi, masih ada beberapa orang, tapi tidak banyak, relatif sangat sepi. Kondisi yang sangat jarang terjadi. Oleh karenanya, saya merasa harus untuk mendokumentasikan kelengangan kota Bandung ini dan semoga bisa menjadi salah satu saksi sejarah bahwa pada tahun 2020, Bandung dan seluruh dunia memberlakukan karantina wilayah demi mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Saya sangat berharap pandemi ini segera berakhir dan kita sebagai muslim dapat menikmati bulan Ramadhan dengan khusu dan tanpa ketakutan, dan semoga kita semua mendapat hikmah dari kejadian yang tentunya adalah atas kehendak dan rencana-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s