Lost

exhausted

i am lost, this is what i always think when i doing nothing all day long in my room, just think….and feeling stress, because of i don’t know what.

Tapi aku masih tetap merasa tersesat, mengapa? aku baru menjadi sarjana, sekarang aku pengangguran yang sedang mencari kerja. Biasanya, ketika kamu mencari kerja, kamu tahu harus mencari kemana dan mencari posisi apa di perusahaan-perusahaan yang dituju. Dengan berbekal keahlian yang didapat selama kuliah, menjadikan satu modal yang bisa diandalkan ketika proses testing atau interview. Tapi tidak denganku.

Aku adalah orang yang penuh ketakutan, ketakutan akan sesuatu yang ga jelas dan belum terbukti. Aku bisa disebut sebagai lulusan yang dulu hanya mengejar nilai dan mengesampingkan ilmu. Ketika semester-semester akhir, yang kukejar hanyalah ingin lulus dan mengesampingkan semua hal. Kini aku lulus dan bengong. Aku tidak tahu bagaimana caranya membuat suatu aplikasi android, aku tidak tahu bagaimana caranya merancang suatu database dengan entitas dan relasinya, aku ga tahu gimana caranya membuatu sebuah website dari nol dengan rancangan database dan tampilan mukanya. Ada begitu banyak bahasa pemrograman yang harusnya salah-satunya aku kuasai, tapi ini tidak.

Disinilah aku sekarang, merasa kebingungan dan tidak punya modal apapun sebagai bekal di dunia kerja yang seharusnya sudah kuarungi saat ini. Tingkat kepercayaan diri yang menurun dan rasa takut yang meningkat hanya bisa membuat aku makin terpuruk, kehilangan banyak helai rambut dan raut muka yang kurang semangat.

Lalu kucoba melirik-lirik bidang pekerjaan yang setidaknya tidak asing denganku selama ini, yaitu farmasi, media sosial dan fotografi. Namun, khusus untuk media sosial dan fotografi, aku tidak cukup portofolio yang bisa menunjang dan menunjukan kompetensi yang layak pakai di dunia kerja.

Pada akhirnya, semua berakhir dengan ketidakjelasan dan niat yang tidak bulat, karena selalu ada tapi untuk apapun yang ingin kulakukan. Selalu ada alasan negatif yang membuatku takut untuk memulai.

Aku menyadari itu semua dan begonya aku, tidak dapat kuhapus ketakutan dan semua keraguan ini. Padahal ada masa depanku yang dipertaruhkan, dan pada akhir tulisan ini, aku masih tidak tahu harus kemana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s